Viral Fenomena Awan Lenticular di 7 Gunung di Jawa, Ada Tanda Bahaya di Balik Keindahannya

7 November 2020, 08:24 WIB
Awan Lenticular di Gunung Lawu, Kamis 5 November 2020.* /Instagram @gunungindonesia

ISU BOGOR - Fenomena alam kemunculan Awan Lenticular atau Lenticular Cloud alias Awan Topi Caping muncul di langit Jawa, Kamis 5 November 2020 membuat heboh jagad mediasosial.

Fenomena awan lencticular atau kerap juga disebut awan jamur atau awan payung tesebut diabadikan dan diunggah ke platform media sosial twitter dan instagram. Bagi para penikmat alam atau pendaki gunung, mungkin sudah tak asing melihat fenomena awan 'cantik' tersebut. Namun bagi awam, banyak mengundang tanya.

Baca Juga: Video Mirip Gisel dan Jedar Marak, Mbah Mijan Sebut Ada Sesuatu dan Terima Kasih Sudah Menyatukan

Baca Juga: Gisel dan #Kasihangempi Tiba-Tiba Trending di Twitter, Fans KPop Kompak Buat Gerakan Ini

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat dengan ShopeePay Deals Rp1

Dikutip dari akun instagram @GunungIndonesia yang merangkum dari para followernya, menyebut "Gunung Jateng (Jawa Tengah) dan Jatim (Jawa Timur) pagi tadi kompak sekali. Awan lenticular yang menyelimuti terlihat indah dari bawah, namun badai menerjangmu diatas gunung,"

"Tetap utamakan persiapan dan keselamatan lur yang punya agenda muncak," tulisnya yang mencantumkan sumber foto dan video yang diunggahnya Foto slide 1-2 @Koh_sumin, Foto slide 4 @lukman.hakiem_, Foto slide 3 @dyahkurnia_dk, Foto slide 5 @soega_al_farizie, Video slide 6 @wahyoe_adventure, Video slide 7 @rizkystone.

 

Dari pantauan, foto dan video yang diunggah setidaknya fenomena awan lenticular itu terjadi di 7 gunung yakni Arjuno, Welirang, Sumbing, Sindoro, Lawu, Merbabu dan Merapi.

Editor: Yudhi Maulana Aditama

Tags

Terkini

Terpopuler