Tentang IsuBogor.com

informatif, supel & unggul

Seiring berkembangnya zaman, era digital memberikan dampak dalam berbagai hal. Bahkan seperti dua sisi mata pisau, jika dikelola dengan baik bisa berdampak positif bagi peradaban sebuah bangsa. Sisi lain bisa menimbulkan banyak hal negatif, terlebih di kalangan masyarakat yang tingkat literasinya masih rendah.

Sehingga informasi hoax, ujaran kebencian dan isu konspirasi tumbuh subur, padahal berisiko memecah belah kedamaian sosial. Maka sudah saatnya hadir media mainstream dengan misi pencerah, penjernih dan pemberi manfaat. Konsep Three Filter Of Socrates atau Tiga Filter Socrates dalam menanggapi maraknya informasi dan berita di era digital sangatlah relevan. Khususnya dalam meminimalisir terjadinya dampak dari berita hoax.

Isu Bogor sebagai portal berita online ingin mengkampanyekan nilai-nilai Tiga Filter Socrates tadi, sehingga kontennya dapat menyejukkan, mencerahkan dan bermanfaat. Socrates merumuskan filters ini setelah mengamati masyarakat Yunani kuno ketika mereka terlibat dalam persaingan perebutan pengaruh politik.

Nasihat Socrates, kalau ada orang datang membawa berita kepadamu, pertanyaan pertama yang mesti dimajukan adalah; Apakah berita yang kamu sampaikan itu sebuah kenyataan yang benar, ataukah fiktif alias bohong.

Mungkin sekali seseorang akan menjawab bahwa berita itu benar adanya. Bahkan disertai data dan fakta. Ini bukan mengada-ada. Kemudian, kalaupun yang disampaikan sebuah fakta, bukan hoax, Socrates masih bertanya: Andaikan aku tahu isi berita itu, kebaikan apa yang akan aku peroleh darinya? Jika tak ada kebaikan, sebaliknya, malah menambah beban dan bahkan menimbulkan keburukan pada diriku, maka tak perlu kita terima tawaran berita itu.

Sebab, tidak semua peristiwa dan fakta yang terjadi pada orang lain mesti kita ketahui karena adakalanya dengan mengetahui malah berakibat buruk dan merusak persahabatan. Berita itu bisa meracuni pikiran dan perasaan. Namun, bisa saja sebuah berita oleh yang menyampaikan dinilai benar dan baik.

Bagi Socrates, masih harus difilter lagi dengan pertanyaan: Berita itu akan membawa manfaat apa bagi saya dan masyarakat luas andaikan saya dan masyarakat mengetahui?

Jadi, untuk menjaga hati dan pikiran agar tidak kotor dan terkena penyakit dari informasi yang berseliweran bagaikan wabah, maka Isu Bogor harus menjadi media konsekuen dalam menerapkan Tiga Filter Socrates tadi.

Selain itu, di lingkungan kerja, kami juga ingin menumbuhkan budaya sportif dan terbuka. Dalam mengemas isu, selain menjunjung tinggi prinsip kode etik jurnalistik mapun pedoman media siber, kami senantiasa ingin selalu menonjolkan sisi kreatif dan inovatif.

Bahkan, kami juga ingin menjadi media yang mampu merangkul keberagaman, memperjuangkan inklusivitas dan memperlakukan semua orang dengan hormat. Tak hanya itu, kami juga akan selalu berusaha mencapai keunggulan untuk tujuan terbaik dari para pembaca dan kolega.



Alamat Redaksi IsuBogor.com
Jl. Bhayangkara RT4/RW5 Komplek Kedung Badak Baru
Kel. Kedung Badak, Kec. Tanah Sareal
Kota Bogor - Jawa Barat (16164)

Kontak redaksi : +62 6281316406859
Email: isubogorredaksi@gmail.com

Pikiran Rakyat Media Network (PRMN)

Berangkat dari keprihatinan atas semakin meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia, Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) hadir dengan memberikan kontribusi secara nyata.

PRMN membangun ekosistem media digital yang dipersembahkan untuk kemandirian pemuda pemudi Indonesia, khususnya di bidang content creator berbasis text dan video.

PRMN menyiapkan teknologi, infrastruktur, pelatihan, mentoring hingga business plan untuk melahirkan pengusaha-pengusaha baru di bidang media digital (Mediapreneur).

PRMN berharap akan lahir Mediapreneur yang tersebar di setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia.


Alamat Pikiran Rakyat Media Network
Jl. Peta, Ruko Kopo Plaza Blok A No.13
Bandung - Jawa Barat 40231.
Tlp/WA : 081384900400, +6222-6002390
Email : prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network