Varian Omicron Tebar Ketakutan saat 13 Penumpang Pesawat dari Afrika Selatan Dinyatakan Positif di Amsterdam

- 28 November 2021, 21:05 WIB
Ratusan orang mengantri untuk tes Covid setelah terbang ke Schiphol setelah varian Omicron menyebarkan ketakutan saat 13 penumpang pesawat dari Afrika Selatan dinyatakan positif di Amsterdam
Ratusan orang mengantri untuk tes Covid setelah terbang ke Schiphol setelah varian Omicron menyebarkan ketakutan saat 13 penumpang pesawat dari Afrika Selatan dinyatakan positif di Amsterdam /Reuters

ISU BOGOR - Setidaknya tiga belas orang dinyatakan positif varian Omicron Covid-19 setelah mendarat di Amsterdam dalam penerbangan dari Afrika Selatan.

Otoritas kesehatan Belanda telah mengkonfirmasi 61 penumpang dikarantina karena mereka terinfeksi Covid-19 dengan setidaknya 13 kasus strain super baru - tetapi para pejabat khawatir itu hanyalah "puncak gunung es".

"Varian Omicron sejauh ini telah diidentifikasi pada 13 tes positif. Investigasi belum selesai. Varian baru dapat ditemukan di lebih banyak sampel tes," kata Institut Kesehatan Masyarakat Nasional (RIVM) dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Varian Omicron Gantikan Delta, Dua Gejala Ini Harus Diwaspadai Jika Telah Divaksin Lengkap

Dilansir dari The Sun, para penumpang termasuk di antara 600 yang tiba di Bandara Schiphol dengan dua penerbangan KLM pada hari Jumat.

“Bukan tidak mungkin lebih banyak kasus akan muncul di Belanda,” kata Menteri Kesehatan Hugo de Jonge pada konferensi pers di Rotterdam.

"Ini mungkin puncak gunung es."

Baca Juga: Gejala Varian Omicron Tidak Biasa Tapi Ringan, Ini Kata Dokter Afrika Selatan

Pemerintah Belanda melarang semua perjalanan udara dari Afrika selatan pada Jumat pagi.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: The Sun


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network