Varian Omicron Gantikan Delta, Dua Gejala Ini Harus Diwaspadai Jika Telah Divaksin Lengkap

- 28 November 2021, 20:47 WIB
Varian Omicron Gantikan Delta, Dua Gejala Ini Harus Diwaspadai Jika Telah Divaksin Lengkap
Varian Omicron Gantikan Delta, Dua Gejala Ini Harus Diwaspadai Jika Telah Divaksin Lengkap /WHO

ISU BOGOR - Varian Omicron dari Covid-19 dapat menggantikan varian Delta saat ini dan telah mendatangkan malapetaka di seluruh dunia. Kekhawatiran yang paling mendesak adalah bahwa varian tersebut dapat menghindari beberapa kekebalan yang diberikan dari vaksin.

Menurut aplikasi studi ZOE COVID, ada dua gejala utama virus corona yang harus diwaspadai jika Anda sudah divaksinasi penuh.

Sebagaimana dilansir Express Daily, pada hari Jumat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengadakan pertemuan khusus untuk memobilisasi tanggapan internasional terhadap varian Omicron Covid-19.

Baca Juga: Gejala Varian Omicron Tidak Biasa Tapi Ringan, Ini Kata Dokter Afrika Selatan

Urutan varian Omicron – saat ini disebut B.1.1.529 – pertama kali diunggah oleh Hong Kong, dari kasus seseorang yang bepergian dari Afrika Selatan.

Karena jumlah mutasi yang luar biasa besar, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa varian Omicron dapat menghindari beberapa kekebalan yang diberikan dari vaksin.

Gambaran yang mengkhawatirkan ini berarti sangat penting untuk mewaspadai gejala Covid-19, bahkan jika Anda benar-benar disuntik.

Baca Juga: Lagi, Jokowi Panen Kritik Netizen Lewat Tagar 'Ngibul Varian Baru' di Twitter, RI 1 Diprotes Soal Hal Ini

Meskipun ciri-ciri spesifik dari strain - bernama Omicron dan ditetapkan sebagai "varian yang menjadi perhatian" oleh WHO - belum muncul, ada gejala berbeda dari Covid-19 yang dilaporkan pada mereka yang divaksinasi penuh.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network