Gejala Varian Omicron Tidak Biasa Tapi Ringan, Ini Kata Dokter Afrika Selatan

- 28 November 2021, 20:14 WIB
Gejala Varian Omicron Tidak Biasa Tapi Ringan Menurut Dokter Afrika Selatan
Gejala Varian Omicron Tidak Biasa Tapi Ringan Menurut Dokter Afrika Selatan /Pixabay/nastya_gepp

ISU BOGOR - Gejala varian Omicron Covid-19 tidak biasa tapi ringan, menurut Dokter Afrika Selatan Angelique Coetzee. Sebagai dokter yang pertama kali membunyikan alarm pada varian Omicron ini ia mengaku khawatir jenis itu dapat menyebabkan komplikasi pada orang tua dan tidak divaksinasi.

Lebih lanjut, Coetzee sebagai seorang dokter praktik selama 30 tahun yang mengepalai Asosiasi Medis Afrika Selatan (SAMA), mengatakan dia yakin telah menemukan jenis virus baru setelah pasien COVID-19 di praktik pribadinya di Pretoria menunjukkan gejala aneh.

"Gejala mereka sangat berbeda dan sangat ringan dari yang pernah saya tangani sebelumnya," kata Coetzee kepada The Telegraph.

Baca Juga: Lagi, Jokowi Panen Kritik Netizen Lewat Tagar 'Ngibul Varian Baru' di Twitter, RI 1 Diprotes Soal Hal Ini

Dilansir dari New York Post, dia menelepon komite penasihat vaksin Afrika Selatan pada 18 November setelah sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang semuanya dinyatakan positif terkena virus dengan gejala yang termasuk kelelahan ekstrem.

Sejauh ini, dia memiliki dua lusin pasien yang dites positif dan menunjukkan gejala varian baru, kebanyakan pria muda.

Sekitar setengah dari pasien tidak divaksinasi, katanya. Tak satu pun dari mereka yang terinfeksi kehilangan indra penciuman atau rasa.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Naik pada Tubuh yang Berakibat pada Stroke dan Serangan Jantung, Ini Tandanya

"Ini menyajikan penyakit ringan dengan gejala nyeri otot dan kelelahan selama satu atau dua hari tidak enak badan," kata Coetzee kepada surat kabar tersebut.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: nypost


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network