Usai China Ancam Jepang Gunakan Nuklir, Inggris Kirim 2 Kapal Perang ke Asia

- 21 Juli 2021, 20:17 WIB
Kolase foto Presiden China Xi Jinping dan Presiden Inggris Boris Johnson
Kolase foto Presiden China Xi Jinping dan Presiden Inggris Boris Johnson /Tangkapan layar instagram @xijinping_swag @borisjohnsonUK

ISU BOGOR - Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirim dua kapal perang ke kawasan Asia setelah China melontarkan ancaman menggunakan nuklir kepada Jepang.

Rincian langkah tersebut diumumkan Ben Wallace saat berkunjung ke Jepang bertemu dengan Nobuo Kishi sebagai mitranya.

Ben Wallace menyebut dua kapal patroli sudah dikerahkan ke perairan Asia yakni kapal induk baru Ratu Elizabeth dan kapal pengawal berlayar ke Jepang.

Baca Juga: Tragis, Selusin Orang Tewas Terendam Dalam Kereta Bawah Tanah di China

Kapal-kapal tersebut diberangkatkan menyusul pengumuman terbaru dari China yang mengancam akan meluncurkan rudal nuklir ke Jepang karena ikut campur dalam ketegangan atas Taiwan.

Ancaman tersebut datang ketika Inggris berupaya memperdalam hubungan keamanan dengan Jepang, yang telah mengungkapkan kekhawatiran tentang meningkatnya ambisi teritorial China di kawasan itu, termasuk Taiwan.

Dua kapal yang akan ditempatkan secara permanen di Timur Jauh adalah HMS Spey dan HMS Tamar, yang keduanya merupakan kapal patroli lepas pantai sepanjang 90 meter.

Baca Juga: Blak-blakan Bongkar Dalang Pandemi COVID-19, Siti Fadilah Sebut China dan Amerika Sebagai Korban

Berbicara bersama Kishi, Wallace mengatakan: "Menyusul penyebaran perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menugaskan dua kapal di wilayah tersebut mulai akhir tahun ini."

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X