Ade Yasin: Tahun Ini, Anggaran Bansos bagi Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Bogor Tidak Ada

- 7 April 2021, 21:30 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin. /Diskominfo Kabupaten Bogor

a

ISU BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tidak lagi mengeluarkan anggaran untuk bantuan sosial (Banso) pada tahun ini. Hal itu lantaran Pemkab Bogor sudah mengalokasikan sejumlah anggaran pada program satu miliar satu desa (Samisade).

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, tidak dianggarkan bansos pada tahun ini, disebabkan Pemkab Bogor sudah sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp311,8 miliar untuk 349 desa di 38 kecamatan.

“Jadi saya rasa anggaran itu cukup untuk masyarakat," katanya, Rabu 7 April 2021.

Baca Juga: BOR Kota Bogor Membaik 30,7 Persen, Angkanya di Bawah Standar WHO 

Penggunaan anggaran Samisade yang dilakukan dengan sistem padat karya, diyakini cukup untuk membantu masyarakat yang menjadi korban PHK. Sebab, masyarakat di 349 desa bisa ikut bekerja dalam program pembangunan di desanya masing-masing.

"Padat karya masyarakat kan bisa ikut bekerja di sana, dan mendapatkan upah di setiap program pembangunan desa. Jadi saya rasa anggaran itu cukup untuk mendongkrak pendapatan masyarakat," ucapnya.

Meski DPRD Kabupaten Bogor sudah mengeluarkan surat rekomendasi, agar Pemkab Bogor menyiapkan anggaran untuk bansos di tahun ini, namun hal tersebut nampaknya sulit untuk direalisasikan. Sebab, anggaran di sejumlah dinas sudah dialokasikan untuk program Samisade tersebut.

Baca Juga: Tegaskan Larangan Mudik Lebaran 2021, Menhub Budi Karya : Bapak-Ibu Tinggal di Rumah Saja 

"Anggaran semua dinas sudah kami alihkan. Saya rasa dengan Samisade ini cukup untuk membantu masyarakat. Jadi kami belum bicara lebih lanjut soal Bansos di tahun ini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X