Puluhan Ribu Warga Brasil Turun ke Jalan Menuntut Pemakzulan Presiden Bolsonaro

- 30 Mei 2021, 13:45 WIB
Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di kota-kota terbesar Brasil untuk menuntut pemakzulan Presiden Brazil Jair Bolsonaro
Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di kota-kota terbesar Brasil untuk menuntut pemakzulan Presiden Brazil Jair Bolsonaro /Tangkapan layar video The Guardian

 

ISU BOGOR - Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di kota-kota terbesar Brasil untuk menuntut pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro atas tanggapannya yang dahsyat terhadap pandemi virus corona yang telah merenggut hampir setengah juta nyawa di Brasil.

Para demonstran berkumpul di lebih dari 200 kota besar dan kecil untuk melakukan mobilisasi anti-Bolsonaro terbesar sejak wabah Covid di Brasil dimulai.

“Hari ini adalah tonggak penting dalam pertempuran untuk mengalahkan pemerintahan genosida Bolsonaro,” kata Silvia de Mendonça, 55, seorang aktivis hak-hak sipil dari Gerakan Hitam Bersatu Brasil saat dia memimpin kolom pengunjuk rasa melalui pusat kota Rio yang bobrok.

Baca Juga: Pasukan Pendudukan Israel Kembali Serang Pengunjuk Rasa Palestina di Lingkungan Sheikh Jarrah

Osvaldo Bazani da Silva, seorang penata rambut berusia 48 tahun yang kehilangan adik laki-lakinya karena Covid-19, mengatakan dirinya tidak bisa kehilangan nyawa orang Brasil lagi.

"Kami harus turun ke jalan setiap hari sampai pemerintahan ini jatuh," ungkapnya.

Di Rio, banyak demonstran membawa plakat buatan sendiri yang mengenang orang-orang terkasih yang telah meninggal akibat wabah yang telah menewaskan hampir 460.000 orang Brasil, korban tewas resmi terbesar kedua di dunia setelah AS.

Baca Juga: Iran: Rezim Zionis Israel Semakin Melemah dan Banyak Membuat Ancaman Kosong

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X