Waspadai Cedera Otak Serius Bagi Penderita Long Covid, Ini Kata Peneliti

- 23 September 2022, 17:47 WIB
Waspadai Cedera Otak Serius Bagi Penderita Long Covid, Ini Kata Peneliti
Waspadai Cedera Otak Serius Bagi Penderita Long Covid, Ini Kata Peneliti /Foto/Pexels/Pavel Danilyuk

ISU BOGOR - Orang yang tertular Covid memiliki dampak jangka panjang, diantaranya peningkatan risiko cedera otak serius hingga tahun setelah infeksi - bahkan mereka yang tidak sakit.

Peneliti AS mengatakan stroke, kejang, masalah memori dan gangguan gerakan adalah beberapa masalah yang diderita pasien setelah tertular virus.

Kondisi neurologis yang melemahkan terjadi pada tujuh persen lebih banyak dari mereka yang telah terinfeksi Covid dibandingkan dengan mereka yang tidak tertular virus.

"Dan penyakit menakutkan ini tidak terbatas hanya pada mereka yang dirawat di rumah sakit karena Covid," tulis The Sun yang pada Jumat 23 September 2022.

Baca Juga: Studi Baru: Gejala Long Covid Disautonomia Dialami Dua Pertiga Pasien

Penelitian yang dipublikasikan di Nature, menemukan bahwa gangguan otak juga umum di antara orang sehat, muda, dan mereka yang hanya mengembangkan kasus virus ringan.

"Hasilnya menunjukkan efek jangka panjang yang menghancurkan dari Covid-19," kata penulis senior Dokter Ziyad Al-Aly dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington dalam sebuah pernyataan.

“Tidak masalah apakah Anda muda atau tua, perempuan atau laki-laki, atau apa ras Anda. Tidak masalah jika Anda merokok atau tidak, atau jika Anda memiliki kebiasaan atau kondisi tidak sehat lainnya," kata Dr Al-Aly.

Lebih dari 22 juta orang Inggris telah tertular Covid sejauh ini, menurut Departemen Kesehatan. Yang berarti lebih dari 154.000 orang di Inggris dapat menderita kondisi neurologis karena virus tersebut.

Baca Juga: Long Covid pada Wanita, Empat Gejala Ini Harus Diwaspadai Menurut Penelitian

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: The Sun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x