Iran Mainkan 'Peran Kunci' Dalam Membantu Hamas Palestina Kembangkan Rudal untuk Menyerang Israel

- 18 Mei 2021, 07:37 WIB
Pemimpin Revolusi Iran Ayatullah Ali Khamenei
Pemimpin Revolusi Iran Ayatullah Ali Khamenei /

ISU BOGOR - Iran telah memainkan peran kunci dalam membantu gerakan perlawanan Palestina Hamas untuk mengembangkan misilnya sehingga memungkinkan mereka untuk mencapai sasaran jauh di dalam Israel.

Seperti dilansir Telegraph, berdasarkan klaim yang dibuat oleh pejabat intelijen Barat, menunjukkan bahwa Pasukan Quds elit Iran dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), yang hingga tahun lalu dipimpin oleh mendiang Jenderal Qasem Soleimani, mengawasi pengembangan dan evolusi persenjataan Hamas.

"Pejabat intelijen percaya bantuan teknologi yang diberikan oleh Iran, yang mencakup saran rinci tentang pengaturan infrastruktur produksi Hamas sendiri di Gaza, telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan organisasi teroris untuk menyerang target jauh di dalam Israel," kata pihak kanan.

Baca Juga: Riyad Al Maliki Kritik Normalisasi dengan Israel di Tengah Meningkatnya Serangan Terhadap Palestina

Hubungan antara Hamas dan Teheran diyakini telah diperkuat selama lima tahun terakhir karena gerakan tersebut berusaha untuk meningkatkan kemampuan militernya setelah serangan militer Israel tahun 2014 yang menghancurkan terhadap orang-orang Palestina di Gaza, meskipun ada ketidaksepakatan atas konflik Suriah.

Setelah serangan 2014, juru bicara Hamas Abu Ubaida berterima kasih kepada Republik Islam atas dukungannya. "[Teheran] tidak menahan dari kami dana, senjata dan [bentuk bantuan] lainnya dan membantu kami dalam perlawanan kami dengan memasok kami dengan rudal yang menghancurkan benteng Zionis selama serangan dan pertempuran yang kami lakukan melawan penjajah."

"Kolaborasi antara Iran dan Hamas telah menghasilkan organisasi yang memiliki senjata yang jauh lebih efektif," kata seorang pejabat senior intelijen Barat seperti dikutip oleh Telegraph.

Baca Juga: Komandan Militer Iran Mendukung Penuh Hamas dan Militan Palestina untuk Melawan Israel

"Bantuan Iran telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hal jangkauan, presisi, dan tingkat kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh senjata tersebut."

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: Memo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X