Sebelum Gunung Semeru Meletus, Mbah Yadi Ramal Bencana di Akhir Tahun 2021 Semakin Besar

- 4 Desember 2021, 21:37 WIB
Kolase foto Mbah Yadi Adipati (Kiri) dan warga yang panik berlarian menghindari awan panas guguran Gunung Semeru yang meletus.
Kolase foto Mbah Yadi Adipati (Kiri) dan warga yang panik berlarian menghindari awan panas guguran Gunung Semeru yang meletus. /YouTube ESA Production dan Instagram

ISU BOGOR - Sebelum Gunung Semeru meletus pada hari ini 4 Desember 2021, Paranormal Mbah Yadi Pati sempat meramal dan menghimbau masyarakat untuk hati-hati dan mewaspadai sejumlah kejadian bencana alam menjelang akhir tahun 2021. Khususnya bagi warga yang tinggal di lereng pegunungan.

"Hal yang berkaitan dengan bencana-bencana yang semakin besar, ini akan terjadi di akhir tahun 2021 ini," kata Mbah Yadi di Channel YouTube ESA Production yang diunggah 14 Oktober 2021.

Meski demikian, Mbah Yadi tidak menjelaskan secara spesifik ramalan bencana Gunung meletus tersebut apakah termasuk Gunung Semeru yang erupsi hari ini. Mbah Yadi hanya menjelaskan masyarakat yang tinggal di lereng Gunung untuk berhati-hati.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Wakil Bupati Lumajang Sebut 1 Orang Meninggal

"Yang panjenengan berada di wilayah yang pinggir-pinggir pegunungan yang sering longsor, panjenengan juga harus sangat berhati-hati sekali," ungkap Mbah Yadi.

Mbah Yadi juga sempat meramalkan tentang bencana yang berkaitan dengan air paling banyak terjadi di akhir tahun 2021.

"Terutama yang berkaitan dengan masalah air. Ini paling banyak nanti akan terjadi, terutama adalah banjir besar dan juga banjir bandang," kata Mbah Yadi yang dikutip Isu Bogor, Sabtu 4 Desember 2021.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Badan Geologi Sebut Jarak Luncuran Awan Panas 1.700 Meter

Menurut Mbah Yadi dalam ramalannya itu menyebutkan bencana yang berkaitan dengan air itu melingkupi hampir seluruh pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network