Gunung Semeru Meletus Jelang Akhir 2021, Ramalan Jayabaya Tahun 2022 Ramai Dibahas

- 4 Desember 2021, 20:00 WIB
Gunung Semeru Meletus Jelang Akhir 2021, Ramalan Jayabaya Tahun 2022 Ramai Dibahas
Gunung Semeru Meletus Jelang Akhir 2021, Ramalan Jayabaya Tahun 2022 Ramai Dibahas /Youtube Aqila Channel dan Instagram

 

ISU BOGOR - Ramalan jangka Jaya Baya yang diramalkan oleh Prabu Jayabaya, Raja Kediri yang memerintah sekitar 1135 - 1157 dengan Sri Maharaja Sri Warmmeswara Madhusudna Wataranindita Parakrama Digjayatunggadewanama Jayabayalanjana.

Ramalan Jaya Baya atau sering dikenal dengan Jangka Jayabaya adalah ramalan dalam tradisi Jawa yang salah satunya dipercaya ditulis oleh Jaya Baya, Raja Kerajaan Kediri.

Dikutip dari Channel YouTube Aliqul Channel yang berjudul 'Meletusnya Gunung Semeru!!! Misteri Ramalan Jayabaya Tahun 2022 - Jawa Terbelah disebutkan ramalan ini dikenal, khususnya dikalangan masyarakat Jawa.

Baca Juga: Sebelum Gunung Semeru Meletus, Mbah Yadi Ramal Bencana di Akhir Tahun 2021 Semakin Besar

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Badan Geologi Sebut Jarak Luncuran Awan Panas 1.700 Meter

Ramalan ini dilestarikan secara turun temurun oleh para Pujangga, asal-usul utama serat ramalan Jayabaya dapat dilihat di kitab Pusasar yang digubah oleh Sutan Giri Prapen.

Meskipun banyak keraguan keasliannya, tapi sangat jelas bunyi bait pertama kitab Pusasar yang menuliskan bahwa Jayabaya yang membuat ramalan-ramalan tersebut.

Ramalan Jaya Baya adalah ramalan tentang keadaan nusantara di setiap masa dan masa yang akan datang. Dalam ramalan Jayabaya itu dikatakan akan datang masa penuh bencana.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Citra Letusan Terdeteksi Satelit Luar Angkasa NASA

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network