3.000 Aset Pemkab Bogor Belum Bersertifikat, Ade Yasin Sebut Baru 700 Lahan yang Tersertifikasi

- 29 Januari 2021, 14:48 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin menerima berkas sertifikat lahan milik Pemkab Bogor dari Kantor ATR/BPN.
Bupati Bogor Ade Yasin menerima berkas sertifikat lahan milik Pemkab Bogor dari Kantor ATR/BPN. //Dok Diskominfo Kabupaten Bogor

ISU BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin mengaku hingga saat ini ada sekitar 3000 aset Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bogor yang belum bersertifikat. Maka dari itu, pihaknya bekerjasama Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) gencar melakukan sertifikasi atas aset yang dimilikinya.

Ade Yasin menyebutkan pihaknya baru berhasil mengsertifikasi 700 lahan dari 800 bidang aset Pemkab Bogor yang diajukan pada 2020 kemarin. Proses sertifikasi aset tersebut dilakukan pihaknya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari.

"Aset-aset Pemkab Bogor ini perlu disertifikatkan agar tidak ada konflik di kemudian hari yang saling klaim, kalau sudah selesai kan enak. Jauh dari persoalan sengketa ini dan itu," katanya di Bogor, Jumat 29 Januari 2021.

Baca Juga: 10 Kecamatan di Kabupaten Bogor dengan Kasus Positif Aktif Covid-19 Tertinggi, Cibinong dan Cileungsi Waspada

Ia juga mengatakan walaupun sudah menyelesaikan 700 sertifikasi aset akan tetapi jumlah tersebut dinilai masih jauh dari target karena pada periodenya menargetkan 3000 aset Pemkab Bogor yang harus disertifikasi.

Bupati Bogor Ade Yasin menerima berkas sertifikat lahan milik Pemkab Bogor dari Kantor ATR/BPN.
Bupati Bogor Ade Yasin menerima berkas sertifikat lahan milik Pemkab Bogor dari Kantor ATR/BPN. /Dok Diskominfo Kabupaten Bogor

"Masih jauh, kan target kami di 3000, dan ini akan kami lakukan secara bertahap penyelesaiannya. Jadi setiap tahun kami harus mendata dan melakukan sertifikasi terhadap aset-aset yang ada," ujarnya.

Untuk 2021 ini, Pemkab Bogor bersama ATR/BPN Kabupaten Bogor menargetkan 500 sertifikat aset pemerintah.

"Meski pandemi, semoga saja kita bisa melakukan sertifikasi terhadap 500 aset kita," harapnya.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x