Presiden Iran Tewas dalam Kecelakaan Helikopter, Suriah dan Lebanon Umumkan 3 Hari Berkabung Nasional

- 20 Mei 2024, 22:05 WIB
Pemerintah Suriah dan Lebanon mengumumkan tiga hari berkabung nasional pada Senin 20 Mei 2024 untuk menghormati duka atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian.
Pemerintah Suriah dan Lebanon mengumumkan tiga hari berkabung nasional pada Senin 20 Mei 2024 untuk menghormati duka atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian. /Foto/Ist

ISU BOGOR – Pemerintah Suriah dan Lebanon mengumumkan tiga hari berkabung nasional pada Senin 20 Mei 2024 untuk menghormati duka atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian. Keputusan ini diambil sebagai tanda solidaritas terhadap tragedi yang menimpa para pemimpin Iran tersebut.

Iran memiliki hubungan erat dengan Suriah dan Lebanon. Di Lebanon, Iran merupakan sekutu utama Hizbullah, kelompok yang paling berpengaruh di negara itu. Menteri Luar Negeri Lebanon, Abdallah Bou Habib, menyatakan rasa dukanya yang mendalam. "Saya tidak bisa mengungkapkan betapa berdukanya saya atas insiden yang terjadi. Khususnya, Menlu (Iran) sudah menjadi teman saya," ujarnya, sebagaimana dilansir Reuters.

Di Suriah, Iran dikenal sebagai pendukung kuat pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad, yang dituduh Barat melakukan kejahatan perang selama perang saudara yang berlangsung sejak awal 2010-an. Presiden Al-Assad juga telah menyampaikan belasungkawa atas kematian Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Amirabdollahian.

Baca Juga: Presiden Iran Meninggal Kecelakaan Helikopter, Hamas Sampaikan Belasungkawa

Insiden tragis ini terjadi saat helikopter yang membawa Raisi, Amirabdollahian, dan beberapa pejabat lainnya jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran. Sementara itu, diberitakan Kantor Berita IRNA disebutkan bahwa penyebab kecelakaan adalah cuaca buruk.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengumumkan lima hari berkabung nasional sebagai penghormatan kepada Presiden Raisi. Berbagai pemimpin dunia juga telah menyampaikan ucapan belasungkawa mereka, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Langkah pengumuman berkabung oleh Suriah dan Lebanon menunjukkan kedalaman hubungan diplomatik dan solidaritas antara negara-negara tersebut dengan Iran. Bendera akan dikibarkan setengah tiang, dan kegiatan resmi akan dihentikan sementara sebagai tanda penghormatan.

Baca Juga: Presiden Iran Tewas Kecelakaan Helikopter, Wapres Mokhber Ditunjuk Sebagai Pelaksana Tugas Presiden

Peristiwa ini tidak hanya membawa duka mendalam bagi Iran, tetapi juga bagi sekutu-sekutunya, yang turut merasakan kehilangan besar ini. Tragedi ini juga mengingatkan pentingnya keselamatan dalam transportasi udara, terutama bagi pejabat tinggi negara.***

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah