Ganjar Orang Jateng Pertama Miliki Uang Edisi Khusus Pecahan Rp75.000

- 17 Agustus 2020, 19:08 WIB
Ganjar Pranowo orang pertama Jateng yang memiliki uang baru edisi khusus pecahan Rp75.000: Berbeda dari tahun sebelumnya kali ini Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo beri kejutan saat Upacara HUT ke-75 RI dengan undang veteran.
Ganjar Pranowo orang pertama Jateng yang memiliki uang baru edisi khusus pecahan Rp75.000: Berbeda dari tahun sebelumnya kali ini Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo beri kejutan saat Upacara HUT ke-75 RI dengan undang veteran. /Humas Prov Jateng/

ISU BOGOR - Gubernur Ganjar Pranowo menjadi orang Jawa Tengah (Jateng) pertama yang mendapat uang edisi khusus HUT ke-75 Kemerdekaan RI pecahan Rp 75.000.

Bank Indonesia secara resmi meluncurkan uang khusus Kemerdekaan Indonesia pada Senin 17 Agustus 2020. Uang baru pecahan Rp75.000 itu diluncurkan secara virtual oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Uang Peringatan (Commemorative Money) ke-75 Kemerdekaan Indonesia itu bergambar proklamator Soekarno-Hatta. Selain itu, di sisi lain uang menggambarkan siluet berbagai ragam kebudayaan Indonesia yang terdiri dari suku dan budaya.

Baca Juga: 17 Agustus Pukul 15.00 WIB, Masyarakat Bisa Mendapatkan Uang Pecahan Rp75.000

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, uang khusus tersebut bukanlah uang baru. Namun, uang khusus itu dikeluarkan dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia tahun.

"Mata uang kertas pecahan Rp 75.000 ini dicetak terbatas hanya 75 juta lembar. Meskipun merupakan alat tukar yang sah, namun diharapkan uang ini tidak dibelanjakan," jelasnya.

Masyarakat dapat memiliki uang khusus Kemerdekaan Indonesia itu dengan cara mendaftar melalui aplikasi di Bank Indonesia. Harga uang khusus itu juga sama dengan nominal yang tertera, yakni Rp 75.000.

Baca Juga: Kedua Kalinya, Jokowi Kenakan Pakaian Adat NTT di Acara Kenegaraan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi orang Jawa Tengah pertama yang memiliki uang khusus Kemerdekaan itu. Usai mengikuti peluncuran secara virtual di kantornya, Ganjar mendapat cendera mata uang tersebut dari Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X