Waspada, 16 Wilayah di Indonesia Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Hari Ini

- 7 Oktober 2021, 08:52 WIB
Ilustrasi Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG
Ilustrasi Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG / pixabay/WKIDESIGN

ISU BOGOR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar waspada akan cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di 16 wilayah di Indonesia pada Kamis 7 Oktober 2021.

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur, dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan longsor dan banjir.

Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Baca Juga: Kalahkan Italia di Kandang, Spanyol Melaju ke Final UEFA Nations

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Cuaca serupa juga berpotensi di Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 21 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

Baca Juga: Kapan Ria Ricis dan Teuku Ryan Menikah? Denny Darko Ramal di Bulan Ini

Pusat tekanan rendah 1004 hPa terpantau di Laut China Selatan. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan hingga barat dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X