Taliban Gelar Sumpah Kabinet pada Peringatan Tragedi 9/11, Analis Politik: Penghinaan Joe Biden

- 10 September 2021, 23:05 WIB
Taliban Gelar Sumpah Kabinet pada Peringatan Tragedi 9/11, Analis Politik: Penghinaan Bagi Joe Biden
Taliban Gelar Sumpah Kabinet pada Peringatan Tragedi 9/11, Analis Politik: Penghinaan Bagi Joe Biden /ANTARA

ISU BOGOR - Taliban dikabarkan akan menggelar sumpah kabinet sementara pemerintah Afghanistan pada peringatan 20 tahun tragedi serangan 9/11 oleh AS.

Analis Politik Terkemuka Bruno Maçães mengatakan jika benar Taliban menggelar sumpah kabinet tepat pada tanggal tersebut akan menandai "penghinaan" bagi pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

"Penghinaan karena Taliban meresmikan pemerintahan pada 9/11, dua puluh tahun kemudian hingga hari ini, penuh dengan daftar paling dicari FBI sulit ditaksir terlalu tinggi," ungkap Bruno dalam akun twitternya, Jumat 10 September 2021.

Baca Juga: Taliban Bersedia Kerjasama dengan Semua Negara Termasuk AS, Suhail Shaheen: Kecuali Israel

Pada saat yang sama, Presiden AS Joe Biden akan mengunjungi ketiga situs peringatan 9/11 untuk menandai peringatan 20 tahun serangan itu.

Dia akan mengunjungi Lower Manhattan, Pentagon, dan Shanksville, Pennsylvania untuk memperingati mereka yang hilang pada hari itu.

Keputusan Taliban itu dapat mengobarkan ketegangan dengan AS di tengah laporan bahwa kelompok militan itu akan mengadakan upacara pelantikan kabinet sementara barunya pada peringatan 20 tahun serangan 9/11.

Baca Juga: Kepala Pemerintahan Afghanistan yang Baru Sudah Ditunjuk Oleh Kelompok Taliban Beserta Wakilnya

Laporan penyiar India WION serta di media Rusia mengklaim bahwa undangan untuk upacara telah dikirim ke negara-negara termasuk China, Turki, Pakistan, Iran, Qatar, India, dan bahkan AS.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X