Khawatir Rusak karena Manusia, Mahasiswa PKM-PM IPB Gandeng Pelajar Pasang Rambu-rambu di Mata Air Campaka

- 4 Agustus 2021, 15:34 WIB
Khawatir Rusak karena Manusia, Mahasiswa PKM-PM IPB Gandeng Pelajar Pasang Rambu-rambu di Mata Air Campaka
Khawatir Rusak karena Manusia, Mahasiswa PKM-PM IPB Gandeng Pelajar Pasang Rambu-rambu di Mata Air Campaka /Muhamad Husni Tamami/Isu Bogor

ISU BOGOR - Mata air merupakan salah satu aset terpenting bagi kehidupan umat manusia terlebih air adalah salah satu kebutuhan primer yang tidak ada gantinya.

Namun, seiring berjalannya waktu sedikit-demi sedikit kini sumber air mulai menghilang. Menurut Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yuliarto Joko tahun 2018, tercatat ada 10.321 mata air di Indonesia.

Mirisnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sekitar 20-40% sumber mata air mengering dan hilang akibat degradasi tangkapan air.

Baca Juga: Datang ke IPB, Kapolri Listyo Sigit Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) adalah menggandeng pelajar sebanyak 21 orang dari SMAN 1 Majalaya dan SMK Aloer Wargakusumah bersama Pemerintah Desa Drawati dan masyarakat setempat menggelar kegiatan pemasangan rambu-rambu di daerah sekitar Mata Air Campaka.

“Alhamdulilah telah terlaksana kegiatan pemasangan rambu-rambu di sekitar Mata Air Campaka Desa Drawati Kecamatan Paseh pada hari Selasa 3 Agustus 2021," kata Ketua PKM-PM Muhamad Zidan Rahmat kepada Isu Bogor, Rabu 4 Agustus 2021.

"Alhamdulilah juga kegiatan ini didukung penuh oleh jajaran Pemerintah Desa Drawati, juga hadir Ibu Kades, Ibu Sekdes Drawati, Bapak Bhabinkamtibmas, Bapak Babinsa, Bapak Kadus, Bapak RW, Bapak RT, para volunteer dari kalangan pelajar dan juga tentunya masyarakat setempat,” sambungnya.

Baca Juga: Pakar IPB: Harimau Ragunan Tidak Tularkan Covid-19

Mahaiswa IPB ini pun menambahkan, pemasangan rambu-rambu ini sebagai bentuk ikhtiar dalam menjaga agar mata air tidak hilang atau mengering. Hal itu karena ia bersama timnya meyakini bahwa salah satu faktor penyebab hilangnya mata air selama ini karena ulah manusia itu sendiri.

Halaman:

Editor: Aulia Salsabil Syahla


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network