Arkeolog Temukan Kembali 110 Makam Mesir Kuno di Delta Sungai Nil

- 4 Mei 2021, 03:23 WIB
Salah satu makam mesir kuno yang ditemukan para arkeolog di Delta Sungai Nil.
Salah satu makam mesir kuno yang ditemukan para arkeolog di Delta Sungai Nil. /Facebook Ministry of Tourism and Antiquities

ISU BOGOR - Para arkeolog kembali membuat temuan luar biasa dari 110 makam Mesir kuno di situs arkeologi Koum el-Khulgan di provinsi Dakahlia, di delta luas Sungai Nil.

Dilansir dari IFL Science, para arkeolog menemukan situs ini yang letaknya sekitar 150 kilometer (93 mil) timur laut Kairo.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengungkapkan bahwa makam-makam tersebut tidak semuanya berasal dari periode yang sama, tetapi dari tiga zaman yang berbeda dalam sejarah panjang Mesir kuno.

Baca Juga: Seorang Pelaut Terdampar Selama 4 Tahun di Lepas Pantai Mesir, Ini Penyebabnya

Enam puluh delapan kuburan berada dalam lubang berbentuk oval yang diukir dari lapisan pulau berpasir di wilayah tersebut sejak periode antara 6000 dan 3150 SM.

Periode Predinastik itu merupakan akhir ketika Lembah Nil masih terpecah menjadi Mesir Hulu dan Hilir. Orang yang dimakamkan di kuburan ini ditempatkan dalam posisi janin, dengan kepala menghadap ke barat.

Lima kuburan juga berbentuk oval yang berasal dari era Naqada III antara 3200 dan 3000 SM. Beberapa makam ini memiliki lapisan tanah liat di bagian samping, bawah, bahkan atapnya.

Baca Juga: 32 Orang Tewas dan 66 Orang Luka Dalam Kecelakaan di Mesir

Mereka juga memasukkan elemen penguburan seperti pot dan piring doa kohl yang dihiasi dengan gambar dan bentuk geometris yang digunakan dalam penguburan dan upacara pemakaman.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: IFL Science


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X