Praktik Tradisi Ramadhan Unik dan Aneh di Seluruh Dunia

- 13 April 2021, 13:53 WIB
Ilustrasi ramadhan di Inggris sebelum adanya Pandemi Covid-19/Pixabay/Olgaozik
Ilustrasi ramadhan di Inggris sebelum adanya Pandemi Covid-19/Pixabay/Olgaozik //Aini/

 

ISU BOGOR - Ramadhan adalah waktu paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia, dan pengikut mencurahkan seluruh waktunya bulan ini untuk berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam, berdoa, reformasi diri dan refleksi diri, amal dan komunitas.

Meskipun Muslim dari negara dan asal yang berbeda mungkin memiliki perbedaan budaya dan tradisi, beberapa praktik tetap sama.

Ramadhan hanya dimulai saat melihat bulan baru (sabit). Setiap orang berpartisipasi dalam makan sebelum matahari terbit, Sahur atau Sehri, memastikan bahwa mereka makan potongan terakhir sebelum azan subuh, Subuh.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Shalat Tarawih di Masjid, PBNU: Protokol Kesehatan Harus Selalu Dijaga

Sepanjang hari, seseorang tidak bisa makan, minum atau merokok. Puasa selesai di malam hari, saat matahari terbenam, ketika azan magrib dikumandangkan.

Dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma dan air, jika seseorang tidak memiliki sesuatu yang manis, atau cukup air juga. Semua Muslim berdoa doa khusus untuk Ramadhan di malam hari, yaitu Tara'weeh.

Idul Fitri, yang merupakan hari raya besar yang menandai akhir Ramadhan, dirayakan setelah bulan baru terlihat di bulan Syawal.

Baca Juga: 2 HP Penyandang Disabilitas Dibegal, Pelaku Rampas Gunakan Cerulit

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: Hindustan Times


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X