Bahaya ! Jangan Unggah Sertifikat Vaksin ke Media Sosial. Ini Alasannya

- 4 Maret 2021, 20:25 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate menghimbau penerima vaksin untuk tidak mengunggah sertifikat vaksin ke media sosial
Menkominfo Johnny G. Plate menghimbau penerima vaksin untuk tidak mengunggah sertifikat vaksin ke media sosial /PMJ News/

ISU BOGOR - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengingatkan kepada para penerima vaksin untuk tidak menggungah atau membagikan sertifikat vaksin ke media sosial, apalagi membagikannya secara sembarangan.

Menurut Johnny, dalam kartu tersebut terdapat informasi mengenai identitas dan tanggal vaksinasi. Bahkan dalam sertifikat vaksin ini tertera QR Code yang bersifat rahasia.

"Terkait privasi data, masyarakat agar tidak sembarangan membagikan sertifikat vaksin Covid-19 atau tiket vaksinasi yang mengandung kode QR ke media sosial," jelas Johnny Plate.

Baca Juga: Polisi RW di Wilayah Kota Bogor Dapat Prioritas Suntik Vaksin

Menurut Johnny, ketika seseorang menggunggah kartu vaksinasi di medsos dikhawatirkan bisa disalahgunakan pihak lain. Pasalnya, dalam kartu tersebut terdapat nama, tanggal lahir hingga nomor induk kependudukan.

"Pada prinsipnya, informasi terkait kesehatan seperti informasi penyakit yang diderita, riwayat kesehatan, adalah informasi pribadi. Maka, informasi ini selayaknya tidak dipublikasikan secara tidak perlu," tuturnya.

Baca Juga: Target 45 Juta Rakyat Indonesia Dapat Vaksin Hingga Juni 2021

Pada kesempatan yang sama, Johnny menyarankan agar penerima vaksin lebih bijak saat menggunakan media sosial. Demi keamanan dan kerahasian data, sebaiknya kartu dikunakan untuk kepentingan yang sudah diotorisasi.

Salah satunya digunakan untuk laporan kesehatan karyawan di sebuah perusahaan atau ketika menggunakan layanan kesehatan atau transportasi umum. ***

Editor: Wilda Wijayanti

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X