Beredar Video Detik-detik KKB Bakar Pesawat MAF di Papua, Polisi Benarkan Ada Penembakan Boni

- 1 Februari 2021, 21:01 WIB
Video detik-detik pembakaran pesawat MAF di Intan Jaya, Papua oleh KKB.* /Tangkapan layar YouTube @NKRITV

ISU BOGOR - Beredar video detik-detik pembakaran pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam video tersebut terlihat sekolompok massa yang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyandera pilot dan dua penumpang.

Dalam video yang diunggah dikanal YouTube NKRI TV disebutkan, pelaku pembakaran KKB yang meminta kemerdeakaan. Dalam keterangan di video tersebut dijelaskan KKB menjadi dalang atas pembakaran pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu, 6 Januari 2021.

Penyerangan terjadi begitu pesawat bernomor registrasi PK-MAX tersebut mendarat di Bandara Pagamba. Pesawat MAF yang dipiloti warga negara Amerika dan tujuh penumpangnya dilaporkan selamat dalam insiden tersebut.

Baca Juga: Moeldoko Bereaksi Soal Kudeta Partai Demokrat yang Colek Istana

 

Adapun kronologis pembakaran pesawat MAF yang diduga dilakukan oleh KKB Papua berawal saat Pesawat MAF PK-MAX yang di piloti Warga Negara Amerika, Alex Luferchek berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa dua penumpang tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya.

Pukul 09.30 WIT, Pilot Pesawat MAF PK-MAX An. Alex Luferchek melaporkan via radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat tiba di Bandara Pagamba dengan baik.

Selanjutnya, pilot diminta turun dari pesawat. Kemudian datang seseorang anggota KKB, sudah berada di sekitar tempat pesawat berhenti dengan membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X