Status Gunung Semeru Meningkat Dari Siaga Menjadi Awas, 93 Warga Terpaksa Mengungsi

- 4 Desember 2022, 15:02 WIB
Status Gunung Semeru meningkat dari yang awalnya masih 'Siaga' menjadi 'Awas', atau dari level III memasuki level IV
Status Gunung Semeru meningkat dari yang awalnya masih 'Siaga' menjadi 'Awas', atau dari level III memasuki level IV /Fitri Nurmayanti/Twitter/BNPB_Indonesia

ISU BOGOR - Status Gunung Semeru meningkat dari yang awalnya masih 'Siaga' menjadi 'Awas'. Tepatnya dari yang semula masih berada di level III (tiga), kini mulai memasuki level IV (empat).

Hal ini disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui media sosial resminya pada hari Minggu, 4 Desember 2022.

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) @PVMBG_ menaikkan status Gunungapi Semeru dari 'Siaga' menjadi 'Awas' atau dari Level III menjadi Level IV, terhitung per pukul 12.00 WIB hari ini," tulis @BNPB_Indonesia.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus Desember 2022, Warga Berhamburan Lakukan Evakuasi Mandiri

Akibatnya 93 warga terpaksa harus diungsikan ke Balai Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pasalnya, terlihat dari pantauan terbaru yang dibagikan BNPB, Awan Panas Guguran (APG) akibat erupsi Gunung Semeru sudah mulai bergerak ke pemukiman warga.

Beberapa netizen di media sosial juga membagikan video yang memperlihatkan kondisi terbaru dimana warga berhamburan menjauhi APG.

Lebih lanjut, diketahui bahwa Gunung Api Semeru kembali memuntahkan APG sejak pukul 02.46 WIB, dini hari tadi.

Baca Juga: UPDATE Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini, Cek Waktu Penerapan One Way Arah Jakarta

BNPB menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lapangan guna melakukan kaji cepat, monitoring, dan evakuasi warga.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x