Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan 2022, Lengkap dengan Tata Caranya

- 21 September 2022, 08:51 WIB
Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan 2022, Lengkap dengan Tata Caranya
Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan 2022, Lengkap dengan Tata Caranya /Pexels
ISU BOGOR - Niat dan doa sholat Rebo Wekasan 2022 penting diketahui bagi yang akan menunaikannya. Sholat sunnah hajat Rebo Wekasan atau shalat lidaf'il bala dilakukan empat rakaat dengan dua kali salam.

Sekadar informasi, shalat hajat lidaf'il bala merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan pada Rebo Wekasan. Tujuannya memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dan dihindarkan dari berbagai bala bencana.

Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan adalah Rabu terakhir di bulan Safar tahun kalender Islam. Sebagian masyarakat Nusantara, khususnya di Jawa, melakukan ritual khusus untuk menolak bala' atau musibah.

Sebagaimana dikutip dari Instagram @ulamagaleri, Bulan Safar dalam pandangan Islam, itu sama dengan bulan lainnya. Bukan bulan bala’ atau bulan yang penuh musibah dan lain-lainnya.

Baca Juga: Niat dan Doa Sholat Sunnah Tolak Bala Rebo Wekasan 2022, Latin, Arab dan Artinya

Namun menurut sebagian ulama ahli ma'rifat dari golongan ahli mukasyafah dalam kitab “Kanzun Najah Wassurur” karya Syekh Abdul Hamid Al Qudsy, menerangkan bahwa Setiap tahun Allah menurunkan bala’ ke dunia sebanyak 320.000 macam bala’ (malapetaka) untuk satu tahun.

Tepatnya bala’ itu turun pada Rabu terakhir dari bulan Shafar atau yang terkenal dengan sebutan “Rebo Wekasan” untuk satu tahun ke depan. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan Muslim di Rabu Wekasan. Amalan ini bukan bersifat wajib atau sunah namun anjuran.

Berikut niat dan doa sholat Rebo Wekasan 2022, lengkap dengan tata caranya:

1. Shalat hajat lidaf'il bala Sholat ini dilaksanakan empat roka’at, baik dengan dua tahiyyat satu salam, dengan niat:

Baca Juga: Niat Mandi Tolak Bala Rebo Wekasan, Arab, Latin dan Artinya

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ لِدَفْعِ الْبَلَاءِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى .

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x