Orangutan Raksasa Purba Pernah Tinggal di Hutan Asia Tenggara, Peneliti: Tubuhnya Berevolasi Jadi Kecil

- 2 Desember 2021, 20:51 WIB
Orangutan Raksasa Purba Pernah Tinggal di Hutan Asia Tenggara, Peneliti: Tubuhnya Berevolasi Jadi Kecil. Foto Ilustrasi
Orangutan Raksasa Purba Pernah Tinggal di Hutan Asia Tenggara, Peneliti: Tubuhnya Berevolasi Jadi Kecil. Foto Ilustrasi /Pixabay/e-smile/

ISU BOGOR - Orangutan raksasa yang pernah tinggal di hutan Asia Tenggara daratan termasuk dalam satu spesies yang secara bertahap menyusut ukurannya selama hampir 2 juta tahun, sebuah penelitian menunjukkan.

Saat ini, orangutan hanya ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Tetapi kerabat kuno mereka yang berukuran super menjelajahi hutan di tempat yang sekarang disebut Cina selatan dan Vietnam utara.

Fosil-fosil Asia yang terfragmentasi dengan usia yang tidak pasti telah lama menunjukkan bahwa orangutan besar yang sekarang sudah punah ini menyusut seiring waktu.

Baca Juga: Daftar Baru Satwa Liar yang Terancam Punah, Mulai dari Orangutan hingga Panda Merah

Dilanasir dari Science News, Kamis 2 Desember 2021, disebut antropolog biologi Terry Harrison dari New York University menduga mereka hidup dari periode waktu yang berbeda.

"Bahwa kera dengan cepat berevolusi dari spesies bertubuh lebih besar ke spesies berbeda bertubuh lebih kecil kira-kira 400.000 tahun yang lalu seiring dengan iklim yang dingin," katanya.

Tetapi analisis terhadap 600 gigi orangutan purba yang ditemukan di 10 gua di Cina selatan mendukung skenario evolusi yang berbeda, Harrison dan rekan melaporkan dalam Journal of Human Evolution Desember.

Baca Juga: Hari Orangutan Sedunia, Peneliti: Belum Semua Industri Membangun Area Konservasi

Dari sekitar 2 juta hingga 111.000 tahun yang lalu, bentuk gigi sebagian besar tetap sama, menunjukkan bahwa semuanya berasal dari satu spesies orangutan.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: ScienceNews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network