Ini Tiga Saran untuk Pemulihan Setelah Positif Covid-19

- 13 September 2021, 21:37 WIB
Ilustrasi seorang pasien isolasi mandiri Covid-19. Dokter Amerika Faheem Younus sebut tidak perlu tes covid-19 setelah isoman 10 hari.
Ilustrasi seorang pasien isolasi mandiri Covid-19. Dokter Amerika Faheem Younus sebut tidak perlu tes covid-19 setelah isoman 10 hari. /Freepik/Tirachardz

ISU BOGOR - Meskipun menurut para ahli, gejala Covid-19 akan membaik setelah 1-2 minggu, namun sekitar 10-75% orang tetap mengalami gejala seperti kelelahan, otot terasa lemas, kesulitan tidur, dan gangguan kognitif. Ini tiga saran untuk pemulihan setelah positif Covid-19.

Dokter spesialis gizi dr Hilna K Shalihat menerangkan, gejala-gejala itu bisa berlangsung hingga beberapa bulan setelah dinyatakan sembuh. Kondisi ini dikenal dengan Long Covid dan biasa terjadi pada pasien dengan keluhan mild symptoms (gejala ringan).

“Selama pemulihan Covid-19, penting untuk makan dan minum dengan baik. Hal ini akan meningkatkan imunitas tubuh dan membantu tubuh mendapatkan energi serta nutrisi yang cukup,” kata Hilna dalam diskusinya, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: Ditinggal Seminggu, Ruko di Kota Bogor Ludes Dibobol Maling, Kursi dan AC Raib 

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan juga dapat membantu menjaga kesehatan selama masa pemulihan Covid-19. Berikut beberapa rekomendasi suplemen untuk membantu pemulihan pasca Covid-19.

Sementara, Scientific Manager FibreFirst, Nourmatania Istiftiani, menyatakan, beberapa studi ilmiah menunjukan bahwa penurunan kesehatan pencernaan masih terjadi pasca Covid-19, bahkan hingga 6 bulan setelah dinyatakan sembuh.

“Konsumsi FibreFirst, yang mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah serta sayuran, dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan,”  paparnya.

Baca Juga: PTM di Kota Bogor Akan Diawasi Lurah hingga Kepala Dinas 

Jika khawatir dengan rasa yang langu dari sayuran, suplemen ini justru dapat dinikmati dengan rasa yang segar, apalagi jika disajikan sesuai anjuran.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x