Protes 15 Tahun, Ambisi Glazer Komersialkan Manchester United Raih 13 Tropi

- 3 Mei 2021, 08:44 WIB
Fans Manchester United melakukan aksi protes terhadap keluarga Glazer, Akibatnya Pertandingan Manchester United vs Liverpool harus tertunda, yang seharusnya sedang berlangsung, Minggu, 02 Mei 2021.
Fans Manchester United melakukan aksi protes terhadap keluarga Glazer, Akibatnya Pertandingan Manchester United vs Liverpool harus tertunda, yang seharusnya sedang berlangsung, Minggu, 02 Mei 2021. /PHIL NOBLE/REUTERS

ISU BOGOR - Aksi protes suporter Manchester United jelang pertandingan Liverpool di luar Stadion Old Trafford menentang kepemilikan keluarga Glazer setelah 15 tahun berkuasa.

Manchester United dibeli oleh keluarga AS Glazer seharga 790 juta pound (sekitar Rp15,9 triliun) pada 2005. Total ada 13 gelar yang diraih ketika klub melangkah bersama Glazer.

Ketidaksukaan fans MU terhadap Keluarga Glazer sudah lama terjadi, sejak sang ayah Malcom Glazer datang mengambil alih klub pada 12 Mei 2005.

Baca Juga: Bentrok Liverpool Terancam Batal, Suporter Manchester United Rusuh Duluan di Old Trafford

Sederet perlawanan demi perlawanan terus dihadirkan fans yang menganggap kepemilikan keluarga ini terhadap MU bukan karena cinta pada sepakbola, tetapi karena bisnis semata.

Namun sudah 15 tahun sejak kejadian tersebut, Glazer masih berkuasa meski Malcolm sudah meninggal 2014 lalu.

Satu hal yang dipermasalahkan dari para suporter adalah karena pembelian klub menggunakan dana yang berasal dari utang.

Baca Juga: Dua Gol Cantik Ronaldo Bawa Juventus Lolos Liga Champions

Selain itu, pergerakan klub yang mulai mengarah ke bisnis juga menjadi alasan lain. Beberapa tahun sebelum Malcolm datang, MU sudah memperluas nama mereka ke pasar Asia dan Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X