Erupsi Gunung Semeru Terbaru, Awan Panas Sudah Mencapai 19 Kilometer

- 4 Desember 2022, 16:26 WIB
Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu, 4 Desember 2022.
Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu, 4 Desember 2022. /BPBD Lumajang/

ISU BOGOR - Gunung Semeru meletus hari ini, Minggu 4 Desember 2022 pada pukul 02.46 WIB. Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan oleh tim PVMBG dan BPBD Kabupaten Lumajang, luncuran Awan Panas Guguran (APG) sudah mencapai 19 kilometer.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang menjelaskan bahwa awan panas tersebut telah melewati Jembatan Gladak Perak.

“Sudah sampai Gladak Perak,” jelas Joko. 

Jarak pandang sangat terbatas karena abu sudah mulai turun ditambah turun hujan di sekitar lokasi. Hal tersebut karena abu vulkanik gunungapi Semeru sudah membumbung tinggi berwarna abu dan hitam pekat. 

“Situasi saat ini di Kajar Kuning hujan deras dan abu pekat,” kata Joko.

Baca Juga: Update Info Terkini Gunung Semeru Meletus, BMKG Jepang Ikut Antisipasi adanya Tsunami

Akibatnya  ada sebanyak 93 warga dievakuasi ke pengungsian yang berlokasi di Balai Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Data tersebut telah dirinci oleh BPBD Kabupaten Lumajang.

Sebagai informasi, BNPB akan terus berkoordinasi dengan Badan Geologi, PVMBG, BPBD Kabupaten Lumajang, TNI, Polri dan instansi terkait dalam pengembangan data dan informasi terkait erupsi Semeru.

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPDB juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan waspada dalam mencari titik aman.

Halaman:

Editor: Mutiara Ananda Hidayat


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x