Viral! Video Hoaks Rumah Warga Garut Ambruk Usai Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

- 3 Desember 2022, 18:58 WIB
Sebuah video yang menunjukkan sejumlah rumah warga Kabupaten Garut, Jawa Barat ambruk usai diguncang gempa M6,4 viral di media sosial, Sabtu 3 Desember 2022.
Sebuah video yang menunjukkan sejumlah rumah warga Kabupaten Garut, Jawa Barat ambruk usai diguncang gempa M6,4 viral di media sosial, Sabtu 3 Desember 2022. /Twitter @ajuansyah_putra
ISU BOGOR - Sebuah video hoaks yang menunjukkan sejumlah rumah warga dengan narasi seolah di Kabupaten Garut, Jawa Barat ambruk usai diguncang gempa M6,4 viral di media sosial, Sabtu 3 Desember 2022.

Dalam video hoaks yang terpantau dari akun Twitter @ajuansyah_putra, terlihat warga menangis, berteriak histeris, dan panik setelah gempa terjadi rumahnya roboh.

"Astagfirullah Aladzhim, ya Allah ieu bumi (ini rumah) teu nyangka, tuh tingali Aa, tingali, (nggak nyangka, tuh lihat kakak)," kata seorang wanita yang merekam kerusakan video itu.

Baca Juga: Gempa Susulan Magnitudo 2,9 Guncang Garut, Ini Kata BMKG

Tak hanya itu, dalam video berdurasi 1 menit 19 detik itu beberapa warga panik menggotong salah satu korban yang terkapar.

Namun demikian, video tersebut masih perlu diverifikasi kembali terkait kebenarannya. Sebab, pascagempa Garut ini baredar info, dan rekaman video hoaks.

Sebelumnya Bupati Garut Rudi Gunawan menyebutkan bahwa belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa terkait gempa terkini M6,4 yang terjadi Sabtu 3 Desember 2022.

Baca Juga: Info Gempa Hari Ini, BMKG: Gempa M6,4 Berpusat di Kabupaten Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

"Gempa dirasakan kuat di pusat kota, terutama di wilayah Garut Selatan. Tapi hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," kata Rudi.

Sebagai informasi, gempa berkekuatan M6,4 mengguncang Kabupaten Garut sekitar pukul 16.49 WIB, Sabtu, 3 Desember 2022.

Gempa dirasakan hingga daerah Ciamis, Bandung, Bogor, Jakarta, Sukabumi, dan Jogjakarta. Warga yang berada di dalam rumah segera pergi keluar lantaran guncangan gempa terasa sangat keras.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x