CEK FAKTA: KAMI Muncul karena Rahasia Istana Negara Presiden Jokowi Terbongkar, Benarkah?

- 16 Agustus 2020, 22:10 WIB
Ilustrasi istana kepresidenan.
Ilustrasi istana kepresidenan. /ANTARA/

ISU BOGOR - Belum lama ini jagat maya digegerkan dengan unggahan video akun Facebook Skema Pholitik yang membubuhi narasi seolah sudah telah membongkar semua rahasia Istana Negara beserta penghuninya Presiden Joko Widodo.

Dikutip IsuBogor.com dari PikiranRakyat-Cirebon.com, tepatnya, klaim narasi itu menyebutkan tentang rahasia yang disembunyikan Istana Negara sudah terbongkar ke mata publik, sehingga Presiden Jokowi hanya bisa diam tertunduk.

Narasi lengkap dapat terlihat sebagai berikut:

“BERITA TERKINI !! RAHASIA ISTANA TERBONGKAR JOKOW1 TERTUNDUK..” demikian bunyi narasi yang dituliskan dalam unggahan tersebut.

Sontak saja, video tersebut sudah dibagikan sebanyak 544 kali dan mendapat reaksi sebanyak 1900 kali.

Baca Juga: Dina Lorenza 'Catatan Si Boy' Resmi Berpasangan dengan Gun Gun Gunawan di Pilkada Kabupaten Bandung

Sedangkan berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari Turn Back Hoax, diketahui bahwa klaim isi video tersebut tidak sama dengan klaim narasi.

Pasalnya, isi video tersebut hanya membahas mengenai munculnya organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang mengumumkan kehadirannya pada 2 Agustus 2020.

Sehingga, ini jelas berbeda denagn isi video yang merupakan pembacaan beberapa artikel dari RMOL yang tayang pada 3 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X