101 Bencana Melanda Kabupaten Bogor di Sepanjang September 2021, Ribuan Jiwa Kena Dampaknya

- 13 Oktober 2021, 10:04 WIB
Ilustrasi bencana
Ilustrasi bencana /Pexels/Denniz Futalan

ISU BOGOR - Sepanjang September 2021, 101 kejadian bencana melanda Kabupaten Bogor. Jumlah itu naik dari Agustus yang terlaporkan 89 kejadian dan 7.393 warga terdampak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menjelaskan, dari 101 bencana tersebut tersebar di 70 desa dari 24 kecamatan di Kabupaten Bogor terdampak.

“Sebanyak 7.393 jiwa dari 2.083 Kepala Keluarga (KK) terdampak kejadian bencana. Dari ribuan warga terdampak 81 warga mengungsi dan 1 orang dilaporkan luka. Untuk bangunan, dilaporkan 108 rumah mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan, sedang, hingga berat,” rinci Budi, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Polisi Kejar 5 Orang Lagi Provokator Kerusuhan Kantor Desa Bojong Koneng

Lebih lanjut, Budi mengatakan, kejadian bencana pada September lebih banyak dibandingkan pada Agustus. Dimana, pada Agustus, Kabupaten Bogor dilanda 89 bencana selama satu bulan.

“Sebagian besar bencana mendominasi setiap tahun sama, angina kencang, longsor dan banjir,” paparnya.

Selain berdampak pada masyarakat, sambung dia, bencana yang melanda juga berdampak pada berbagai sarana ibadah, pendidikan, pondok pesantren, hingga sarana pemerintahan terdampak. Termasuk juga sejumlah jembatan dan jalan warga.

Baca Juga: Aneh, Berlaku Ganjil Genap tapi Kendaraan di Puncak Masih Macet

“Total ada 20 bangunan dan jembatan yang mengalami kerusakan akibat bencana selama September. Ada juga jalan sepanjang 12 meter yang mengganggu akses warga,” pungkasnya.***

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X