Gara-Gara Bogor Masih Zona Merah, DKI Jakarta Masih PPKM Level 4

- 11 Agustus 2021, 22:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan info grafis survei serologi DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan info grafis survei serologi DKI Jakarta /instagram @aniesbaswedan

 

ISU BOGOR – Angka kasus Covid-19 DKI Jakarta membaik dan keluar dari zone merah. Pun demikian, gara-gara berada di aglomerasi Jakarta masih menerapkan PPKM level 4 dengan daerah penyangga Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang yang masih zona merah.

DKI Jakarta masih ditetapkan pada kriteria PPKM level 4 meskipun data menunjukkan kasus covid-19 di ibu kota dapat disebut membaik. Adapun alasan aglomerasi Jabodetabek

Mengutip Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, Selasa 10 Agustus 2021, Penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yang telah disesuaikan dengan mengeluarkan perhitungan kematian.

Baca Juga: Kabar Baik, DKI Jakarta Keluar Zona Merah 

Dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa jika mayoritas kota/kabupaten dalam 1 wilayah aglomerasi tersebut masih pada level 4, maka kota kabupaten lain di dalam wilayah aglomerasi tersebut bukan di level 4 akan dimasukkan dalam level 4.

Kebijakan ini berlaku untuk wilayah aglomerasi di Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya Raya dan Malang Raya.

Dengan kondisi ini maka Jakarta sulit keluar dari PPKM level 4 bila Bodetabek masih di level 4.

Baca Juga: 18 Lokasi Sentra Vaksinasi Covid-19 di Bogor Hari Ini 

Sebagai informasi, seluruh wilayah Bodetabek masuk PPKM level 4, seperti Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang,

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X