Mudahkan Pemulasaran, 101 Makam Cadangan Disiapkan Pemkot Bogor Selama Ramadan

- 9 April 2021, 20:47 WIB
ilustrasi makam.
ilustrasi makam. /Kenny Orr/Unsplash/

ISU BOGOR - Sebanyak 101 lubang makam cadangan disiapkan di sejumlah Tempat Pamakaman Umum (TPU) Kota Bogor. Hal itu untuk mempermudah petugas makam ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan ketika ada warga yang meninggal dunia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman pada Dinas PUPR Kota Bogor Toto Gunarto mengatakan makam cadangan tersebut berada di 4 Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"TPU Mulyaharja 40 lubang, TPU Kayumanis 40 lubang, TPU Situ Gede 15 lubang dan TPU Gunung Gadung 6 lubang untuk nonmuslim. Termasuk juga untuk lubang makam covid," kata Toto, Jumat 9 April 2021.

Baca Juga: Disdik Kota Bogor Dukung Pelarangan Mudik, Sebelum PTM 

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka, Tugas Guru Kelas di Kota Bogor Bertambah

Baca Juga: Intip Romantisnya Honeymoon Malam Pertama Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di Bali: Sayang Mau Anak Berapa

Toto menjelaskan, pihaknya memiliki total 69 petugas makam yang bekerja di 8 TPU di Kota Bogor. Lubang makam cadangan itu dibuat untuk membantu para pekerja di bulan Ramadhan terutama saat Idul Fitri.

"Itu mereka (bekerja) dishift. Waktunya Lebaran biasanya menjelang Solat Ied di rumah dulu biasanya, siangan baru kerja ke pemakaman lagi. Ya biar ibadah mereka juga kusyuk, kalau ada meninggal sudah ada (lubang makam) biar gampang," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan persiapan lubang makam ini dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana, untuk mempermudah pekerja makam dan antisipasi jika terjadi lonjakan kematian selama bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Chris Dale


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X