Heboh Video Hoax Gunung Semeru Meletus, Netizen: Ini Video Sakurajima bukan Semeru

- 1 Desember 2020, 10:49 WIB
Tangkapan layar video Sakurajima, Jepang yang disebar netizen dengan narasi seolah erupsi Gunung Semeru yang terjadi Selasa 1 Desember 2020.
Tangkapan layar video Sakurajima, Jepang yang disebar netizen dengan narasi seolah erupsi Gunung Semeru yang terjadi Selasa 1 Desember 2020. /Twitter @AMNiatakusuma

ISU BOGOR - Meningkatnya aktivitas Gunung Semeru banyak dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk membuat heboh jagat maya.

Beredar sebuah video dengan narasi Gunung Semeru meletus dahsyat menyemburkan lava pijar hingga ke seluruh badan gunung. "Semeru tadi pagi semoga tidak menimbulkan korban jiwa," tulis @niatakusumah pada Selasa 1 Desember 2020.

Unggahan video hoax ini pun akhirnya menuai kecaman keras dari para netizen. Bahkan tak sedikit yang mengunggah video kejadian sebenarnya, bahwa itu adalah Gunung Sakurajima di Jepang.

Baca Juga: Khofifah Klarifikasi Video Erupsi Dahsyat Gunung Semeru, Netizen: Sekelas Gubernur Aja Kena Hoax

Baca Juga: Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas, Warga: Suara Dentuman Terdengar Beberapakali

Baca Juga: Fiersa Besari Ngaku Salah dan Bodoh Sehingga Dilarang Naik Gunung Rinjani Selama 2 Tahun

"Ini Video sakurajima bukan Semeru," tulis warganet @VolcanoYT yang membalas unggahan @niatakusumah.

Tak hanya itu ada netizen yang membully pengunggah agar menghentikan upaya menyebarluaskan video hoax. Bahkan ada yang mengajak untuk mereport akun yang bisa meresahkan ini.

"Tolong lah yaa jan bikin hoax yang bikin suasana tambah panik,
akun baru join 2020 yg pengen viral kek gini nih," tulis @ulfabinada. Dibalas lagi oleh "Report aja la yo meresahkan juga akun gini," kata @arrrryn_.

Halaman:

Editor: Iyud Walhadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X